link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' /> TANGGA TELESKOPIK CENTER: REVIEW TANGGA TELESKOPIK DOUBLE: SEBUAH SALAH KAPRAH

3/24/2021

REVIEW TANGGA TELESKOPIK DOUBLE: SEBUAH SALAH KAPRAH

SALAH KAPRAH TANGGA TELESKOPIK DOUBLE


tangga-teleskopik-double
TANGGA TELESKOPIK DOUBLE/MULTIPURPOSE
Meskipun judul postingan ini berbeda dengan gambar-gambar yang kami muat di dalamnya, tetapi memang sengaja dibuat demikian untuk meluruskan salah kaprah yang selama ini sudah terlanjur beredar di pasar online. Tahukan anda bahwa tangga teleskopik double sebenarnya dimaksudkan untuk merujuk pada tangga teleskopik yang dapat dibentuk menjadi tangga segitiga. Disebut double karena tangga tsb. memang memiliki kaki ganda, menyerupai dua buah tangga teleskopik lurus (single) yang digabung menjadi satu tangga lipat. Tetapi banyak sekali orang mengira tangga teleskopik double juga dapat dibentuk menjadi tangga lurus- padahal tidak demikian. Tangga teleskopik double hanya dapat dibentuk menjadi tangga segitiga, menyerupai huruf "A". Tangga teleskopik yang dapat dibentuk menjadi tangga segitiga dan juga dapat dibentang menjadi tangga lurus adalah tangga teleskopik multipurpose (multifungsi)- seperti terlihat pada gambar di samping ini. Baca juga postingan tentang (klik) Tangga Segitiga.

tangga-A
TANGGA "A": MULTIPURPOSE 2.5+2.5M(5M)- EURONE
Baik tangga teleskopik tipe double maupun tipe multipurpose sering diidentifikasi secara sama rata dengan sebutan tangga A karena memang bentuk keduanya seperti huruf "A", menggantikan fungsi tangga lipat aluminium konvensional. Tetapi kali ini tangga lipatnya tampil dengan bentuk yang sangat ringkas sehingga mudah dibawa dengan sebelah tangan dan mudah pula disimpan dalam bagasi mobil yang mungil sekalipun. Tatkala hendak digunakan, tangga tinggal ditarik ke atas dengan ketinggian yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan- tentu dalam batas tinggi maksimum yang ada.

Postingan ini fokus pada tangga teleskopik multipurpose yang sekali lagi salah kaprah disebut sebagai tangga teleskopi double. Apa kelebihan dan kekurangannya serta ukuran tinggi maksimum berapa yang direkomendasi. Kita mulai dari kelebihannya. Pertama, yang pasti tangga ini memiliki dua fungsi dalam satu tangga, yaitu sebagai tangga segitiga dan juga bisa berfungsi sebagai tangga lurus. Kedua, pipa yang digunakan jauh lebih besar daripada tangga teleskopik tipe lainnya, yaitu single dan double. Dengan begitu, dalam bentuk segitiga tangga ini menjadi sangat kuat, melebihi kebutuhan yang sebenarnya. Mengapa demikian? Karena tangga juga harus mengantisipasi ketika akan digunakan dalam bentuk lurus dimana pada bagian tengah, disambung dengan joint, pipa tidak boleh kecil- minimal berdiameter 5.2 cm.

tangga-double-teleskopik
TANGGA TELESKOPIK 2.2+2.2M/4.4M (link Tokopedia)
Dibalik keunggulan di atas, pipa yang besar memberikan dampak negatif yaitu membuat tangga menjadi berat, jauh melebihi berat kedua tipe lainnya. Dalam bentuk lurus, meskipun telah ditopang pipa yang besar dan joint yang berkualitas, tetapi tetap saja tidak akan sekuat dan senyaman tangga teleskopik tipe lurus karena tipe lurus itu solid tanpa joint. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah ketika tangga teleskopik multipurpose ditegakkan lurus maksimal, maka pipa akan mengecil di tengah lalu membesar ke atas sehingga menimbulkan beban berat di atas. Karena bila ingin menggunakan tangga teleskopik dalam bentuk lurus dengan ketinggian di atas 5 meter, kami rekomendasikan untuk hanya menggunakan tangga teleskopik tipe lurus. Baca juga (klik) POSTINGAN TEKAIT.

Meskipun tangga teleskopik double itu sendiri tidak terpresentasikan dalam halaman ini, kecuali tipe multipurpose, tetapi pada dasarnya kedua tipe tsb. memang sangat mirip dari sisi bentuk maupun fungsi- kecuali bahwa yang satunya itu hanya dapat dibentuk segitiga dan yang satunya lagi dapat dibentuk segitiga serta dapat dibentuk lurus. Untuk lebih jelas melihat masing-masing tipe, silahkan klik pilihan link gambar di bawah ini:           

     


tangga-teleskopik-double-3.8m
TANGGA TELESKOPIK 1.9+1.9M/3.8M
Jadi, jika anda bermaksud hendak membeli tangga teleskopik yang bisa berbentuk segitiga dan juga dapat dibentang lurus, maka sekali lagi itu adalah tangga teleskopik multipurpose- bukan tangga teleskopik double. Ada empat pilihan tinggi maksimum yang tersedia, yaitu: 1.9+1.9m(3.8m), 2.2+2.2m(4.4m), 2.5+2.5m(5m), dan 2.9+2.9m(5.8m). Untuk ukuran yang disebut terakhir, sebagai contoh, artinya tangga dapat dibentuk menjadi tangga segitiga dengan tinggi maksimum 2,9 meter dan juga dapat dibentang menjadi tangga lurus dengan tinggi maksimum 5.8 meter. Bila anda tidak menggunakannya secara maksimum, maka bukalah mulai dari anak tangga paling atas dan biarkan beberapa anak tangga yang tidak dibuka berada pada posisi bawah. Panjang masing-masing tinggi kaki tangga dapat diatur sedemikian rupa sehingga tangga dapat tegak pada permukaan miring atau jomplang secara ekstrim sekalipun.

Berikut ini adalah video tipe Multipurpose produk terbaru dari Kluggen.

TANGGA TELESKOPIK DOUBLE/MULTIPURPOSE 2.9+2.9M/5.8M- KLUGGEN


Terasa kurang lengkap kalau pada halaman ini tidak kami sajikan tangga teleskopik double itu sendiri. Silahkan lihat gambar berikut dan perhatikan bedanya:

tangga-teleskopik-double-2.6m
TANGGA TELESKOPIK DOUBLE 2.6M


HUBUNGI KAMI:

   
  
MENU PENTING:
     
 
ATAU BISA MENGUNJUNGI GERAI KAMI DI (KLIK) TOKOPEDIA ATAU SHOPEE