5/04/2020

TANGGA TELESKOPIK 5 METER

Hal pokok yang menjadi daya tarik dan sekaligus keunggulan tangga teleskopik setidaknya adalah dua hal. Pertama, bentuknya yang sangat ringkas sehingga mudah dibawa dengan sebelah tangan dan mudah pula disimpan dalam ruang sempit. Kedua, yang tak kalah menariknya adalah ketinggiannya yang sangat fleksibel, dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Dalam keadaan lipat, tinggi tangga teleskopik berkisar antara 75 cm  hingga 100 cm. Sedangkan ketinggian tangga cukup bervariasi hingga dibatasi dengan ketinggian maksimum misalnya 2,6 m, 3,2 m, 5 m, dsb. Tinggi tangga dapat diatur berdasarkan jumlah anak tangga yang dibuka hingga batas maksimum jumlah anak tangga yang tersedia.   

Jarak antar anak tangga biasanya antara 30 cm hingga 40 cm- tergantung tinggi maksimum tangga. Jarak antar anak tangga teleskopik dengan ketinggian maksimum di bawah 4 m biasanya adalah 30 cm. Sedangkan tangga dengan ketinggian maksimum di atasnya biasanya memiliki jarak antar anak tangga sekitar 36 cm hingga 40 cm.

tangga-teleskopik-5-m
TANGGA TELESKOPIK 5 M- LURUS
Sesuai dengan judul postingan, kita akan fokus pada tangga teleskopik 5 m atau sekitar 5 meter. Mengingat bentuk tangga teleskopik sangat ramping, maka bicara ketinggian 5 m adalah bicara tentang tangga teleskopik dalam bentuk lurus, bukan dalam bentuk segitiga. Dalam bentuk lurus bisa mengacu pada tangga lurus tradisional yang biasanya terbuat dari kayu atau bambu; sedangkan dalam bentuk segitiga bisa mengacu pada tangga lipat aluminium konvensional. Tangga teleskopik dalam bentuk segitiga sangat tidak direkomendasikan dengan ketinggian seperti itu karena akan sangat rawan terguling- sangat berbahaya untuk keselamatan. Untuk mendapatkan tangga teleskopik dengan ketinggian 5 m itu sendiri terdapat beberapa pilihan. Dan pilihan yang tersedia adalah: tangga teleskopik 5m-lurus, tangga teleskopik 5,4m-lurus dan tangga teleskopik 2,5+2,5m(5m)-multifungsi. Pilihan yang pertama dapat anda lihat pada gambar di samping kanan ini; sedangkan pilihan kedua dan ketiga akan dapat anda lihat pada gambar-gambar berikutnya.

Satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa semua tangga teleskopik produk kami dengan ketinggian 5 meter ke atas sudah dilengkapi dengan ground strip atau bottom bar. Fungsinya adalah sebagai stabilizer pada bagian dasar agar tangga tidak mudah melintir atau terguling ketika sedang dipanjat.

tangga-teleskopik-5,4m
Lalu, yang mendekati ukuran tinggi maksimum 5 m adalah tangga teleskopik 5,4m- lurus, sebagai pilihan kedua. Jarak antar anak tangga untuk tipe ini adalah 40 cm. Disamping tangga dilengkapi dengan stabilizer pada bagian bawahnya sebagaimana disebutkan di atas, juga tersedia (opsional) pengaman pada bagian atasnya yaitu safeguard rubber. Alat ini berupa karet berbentuk lengkung dan bergerigi mengikuti bentuk lengkungan tiang listerik dan dipasang permanen pada anak tangga paling atas. Fungsinya tidak lain adalah agar tangga bagian atas tidak mudah bergeser dari sandaran tiang yang dipanjat. Tipe yang satu ini paling banyak diminati oleh mereka yang sehari-harinya bergelut dengan pekerjaan panjat-memanjat tiang- biasanya mereka dari perusahaan telekomunikasi dan kelistrikan. Meskipun demikian, tangga ini juga tentu dapat digunakan untuk kegiatan memanjat non-tiang seperti memanjat dinding misalnya.

Sebagai catatan, tangga teleskopik dengan ketinggian 5,4 m ke atas bermerek Eurone bukan saja dilengkapi dengan standar keamanan berupa stabilizer bagian bawah dan atas, tetapi juga memiliki overlapping tube 18 hingga 19 cm- di atas overlapping tube standar yang biasanya hanya 12 cm. Ini membuat tangga jauh lebih kuat dan kekar, tidak seperti umumnya yang tampak melengkung dan goyang parah sehingga sangat membahayakan pemakai.

tangga-teleskopik-5m
Terakhir sebagai pilihan ketiga adalah tangga teleskopik 5m tipe multifungsi dan biasa ditulis dengan 2,5+2,5m(5m)-multifungsi. Artinya tangga ini pada dasarnya adalah tipe segitiga dengan ketinggian maksimum 2,5 meter dalam bentuk segitiga ( menyerupai huruf "A") dan memiliki opsi untuk dapat dibentang menjadi tangga lurus dengan ketinggian maksimum 5 meter. Secara segitiga tangga ini bukan saja dapat tegak seimbang tanpa perlu sandaran, tetapi juga dapat tegak pada permukaan yang miring ekstrim sekalipun. Mengapa demikian? Karena kedua kakinya tidak harus ditegakkan sama panjang, melainkan dapat disesuaikan dengan kebuituhan dan kondisi lapangan. Dengan demikian, memiliki tangga ini boleh dibilang sama halnya dengan memiliki dua tangga yang berbeda, yaitu tangga segitiga dan tangga lurus. Tipe ini banyak diminati oleh mereka yang bergelut pada pekerjaan service AC, pemasangan CCTV, dll.

Meskipun potingan ini memang hanya fokus pada tangga teleskopik dengan ukuran tinggi maksimum 5 meter, kami sarankan anda untuk melihat juga opsi lainnya dimana tangga teleskopik sebenarnya terdiri dari tiga tipe dan masing-masing tipe terdiri dari beberapa pilihan tinggi maksimum. Lebih jauh, silahkan klik pilihan di bawah ini:
 
          

HUBUNGI KAMI:

 

Bagi yang bertempat-tinggal tidak jauh dari (klik) lokasi kami, dapat langsung datang ke lokasi untuk bertransaksi. Bukan saja akan dapat melihat barang dan memeriksa secara fisik sebelum membeli, tetapi juga akan mendapatkan potongan khusus sebagai kompensasi free ongklir.

MENU PENTING:
           
 
ATAU BISA MENGUNJUNGI GERAI KAMI DI (KLIK) TOKOPEDIA ATAU SHOPEE